Minggu, 01 April 2012

UTS Pengkajian Aplikasi Teknologi


Nama              : Mauren Gitta Miranti S
NIM                 : 1104398
Mata Kuliah  : Pengkajian Aplikasi Teknologi
Dosen              : Prof. Dr. Soemarto, MSIE


1.     Parameter apa yang paling penting untuk masukan model pertumbuhan jumlah penduduk suatu Negara ? Jelaskan.
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran. Model pertumbuhan penduduk meliputi Model Pertumbuhan Malthusian dan model logistik. Malthus (1798) mengemukakan bahwa jumlah populasi akan mengalahkan pasokan makanan, yang menyebabkan berkurangnya jumlah makanan per orang. Adapun parameter yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah:

a.       Kematian (Mortalitas)
Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk dan untuk menghitung besarnya angka kematian caranya hampir sama dengan perhitungan angka kelahiran.
b.       Kelahiran (Natalitas)
Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang menghambat kelahiran (anti natalitas) dan yang mendukung kelahiran (pro natalitas)
c.       Migrasi (Mobilitas)
Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat lain.


2.     Jelaskan perbedaan peran seorang individu pakar terhadap peran institusi perguruan tinggi dalam pengembangan suatu bidang keilmuan !
Seorang individu pakar perguruan tinggi dalam mengembangkan bidang keilmuan adalah mengelola dan mengembangkan bidang keilmuan dan bidang pengabdian masyarakat sebagai aplikasi bidang keilmuan, baik itu secara internal ataupun eksternal. Berunjuk pada tridarma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, maka seorang pakar istitusi perguruan tinggi/universitas harus melaksanakan tridharma tersebut, sebagai bentuk dari pengembangan suatu bidang keilmuan.
Misalnya saja seorang dosen Tata boga, ia harus mengajar sesuai dengan bidang atau kompetensi yang dimilikinya, yaitu bidang kuliner. Selain itu ia harus melakukan penelitian  dalam bidang boga, baik itu penemuan produk inovatif, metode memasak, dll. Sehingga dari temuan-temuan tersebut dapat diaplikasikan ke masyarakat, contohnya saja dalam pelayanan gizi masyarakat, memberian MPASI, dll.

3.     Apa yang dimaksud dengan institutional building itu ?
Milton J. Esman (1972) menjelaskan Institutional Building  adalah proses perencanaan dan strukturisasi, yang memandu organisasi lama maupun baru dalam mendefinisikan perubahan nilai, posisi, peran, dan fungsi mereka dengan mendasarkan diri pada perubahan lingkungan politik, ekonomi maupun teknologi yang dinamis untuk membangun dan mengembangkan hubungan dan pola-pola relasi baru guna memperoleh dan memperluas dukungan serta partisipasi publik dan para stakeholder. Institutional Building adalah sebuah perjalanan  yang tidak akan pernah berhenti sepanjang masa hidup organisasi; sebab perubahan dan pertumbuhan adalah bagian dari kehidupan organisasi itu sendiri.

4.     Jelaskan dua produk utama keluaran dari suatu universitas !
a.       Mutu Lulusan
Sebuah universitas harus memiliki lulusan yang memiliki kompetensi dan keahlian di bidang masing - masing yang ditunjang dengan ketrampilan, soft skill, dan budi pekerti atau moral atau etika yang baik. Beriring berkembangnya zaman, persaingan dalam industry  semakin ketat, sehingga lulusan yang berkualitas sangat diperlukan untuk mengurasi pengangguran.
b.      PPM (Penelitian, Pengetahuan, dan Pengabdian pada Masyarakat)
Dalam lingkungan kampus terdapat Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu  pendidikan atau pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. dalam penyelenggaraan penelitian, ilmu dipandang sebagai proses. Ilmu dikembangkan melalui cara kerja ilmiah sesuai dengan pendekatan dan model penelitian yang digunakan. Hasil penelitian dialihkan dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama dalam kegiatan pembelajaran. Dosen akan mengalihkan bahan pengajaran berdasarkan hasil penelitian. Sementara itu, mahasiswa akan memperoleh unsur-unsur ilmu yang segar dan mutakhir. Hasil penelitian tersebut diuji kembali dalam penyelenggaraan penelitian berikutnya secara terus menerus dan berkesinambungan.
Penelitian dapat dijadikan sebagai cara kerja untuk memecahkan masalah kemasyarakatan secara ilmiah. Cara pemecahan masalah yang demikian tentu saja sangat tergantung kepada karakteristik dan daya ampuh masing-masing disiplin atau bidang ilmu. Oleh karena itu, penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan interdisipliner atau pendekatan multidisipliner. Dengan cara demikian, substansi disiplin atau bidang ilmu akan berkembang, karena pada dasarnya ilmu merupakan deskripsi, eksplanasi, dan prediksi tentang kehidupan dalam arti yang luas, mencakup gejala alamiah, gejala sosial, dan gejala budaya, sebagai “buku besar” yang penuh dengan pertanda dan misteri. dalam penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat, ilmu dipandang sebagai metode.
Ilmu ditempatkan sebagai instrumen dan cara kerja untuk memecahkan masalah kemasyarakatan secara ilmiah. Hal itu bermakna bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan wahana penerapan ilmu dan keahlian sivitas akademika dalam konteks kehidupan bermasyarakat. Unsur substansi, unsur informasi, dan unsur metodologi dari berbagai disiplin atau bidang ilmu yang sangat abstrak dapat dikonkretisasi dalam kehidupan masyarakat yang selalu mengalami perubahan dan sarat masalah yang sangat rumit dan pelik.

5.      Jelaskan beda pengertian teknologi yang bersifat umum dan teknologi yang bersifat praktis dalam percakapan sehari – hari !
Teknologi secara umum sudah lama menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari, dan manusia terbiasa dan cenderung menganggap teknologi sebagai sebuah peralatan yang berkaitan dengan mesin, komputer serta serba elektronik. Teknoligi juga dikenal sebagai proses yang meningkatkan nilai tambah, produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja dan struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
Teknologi bersifat praktis adalah bahwa teknologi merupakan aplikasi praktis dari pengetahuan. Memahami teknologi tidak dapat dipisahkan dari ilmu pengetahuan alam (nature science) dan rekayasa (engineering). Ilmu pengetahuan alam adalah input bagi proses ilmu rekayasa sedangkan teknologi adalah hasil proses rekayasa. Menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) teknologi berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering).


6.      Penemuan teknologi apa yang paling penting dalam kehidupan manusia ? Jelaskan !
Penemuan teknologi yang paling penting dalam kehidupan manusia adalah dalam bidang teknologi kesehatan, teknologi komunikasi dan informasi, teknologi transportasi, serta teknologi  rumah tangga seperti mesin cuci, alat masak, atau alat pembersih lainnya.
a.      Teknologi-teknologi dalam bidang kesehatan sangat diperlukan oleh manusia, karena kesehatan sangat penting untuk bertahan hidup. Dengan berkembangnya teknologi dalam bidang kesehatan, diharapkan tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, sehingga tingkat kesehatan manusia akan meningkat. Teknologi dalam bidang kesehatan memperkenalkan dokter dengan istilah bionic. Teknologi bionic membuktikan bahwa dengan teknologi manusia dapat mereplikasi atau memperbaiki sejumlah organ dan bagian tubuh yang rusak (misal : karena kecelakaan, sakit).
b.     Teknologi transportasi dapat diimplementasikan pembuatan E-Toll card (kemudahan pembayaran tol) yang sekarang juga sudah mulai diterapkan di Jakarta, atau pembuatan pesawat terbang, RLT, kereta lsitrik, mobil hemat bensin,dll. Dengan adanya kemudahan dalam bidang trasportasi manusia dimanjakan dengan kenyamanan dan waktu yang tidak terbuang sia-sia, sehingga jarak bukan lagi sebuah masalah.
c.       Teknologi komunikasi (ICT) sangat penting, karena dengan komunikasi setiap manusia dapat berinteraksi dengan orang lain. Dengan berkembangnya teknologi komunikasi seseorang tidak hanya sebatas antar individu, tetapi bias berkomunikasi antar kelompok atau organisasi secara langsung dengan jarak jauh. Teknologi komunikasi dan informasi dapat digunakan dalam bidang pendidikan (untuk pembelajaran e-learning, presentasi, menginput dan out put data, mengadakan kelas virtual dan lain-lain), dalam bidang permankan (untuk mengatur pelayanan rekening nasabah dan memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi), dalam bidang perdagangan (menyediakan system jaringan yang terkoneksi melalui alat bantu scanner, atau alat pengecekan harga).
Semua teknologi tersebut dapat diaplikasikan kedalam pendidikan, sehingga teknologi pembelajaranpun akan semakin maju. Contohnya saja penerapan ICT dalam pendidikan yang dapat memudahkan siswa belajar dengan jarak jauh (e-learning), selain itu internet memudahkan seseorang dalam mencari danmengakses informasi atau pengetahuan, sekalipun itu lintas Negara. Kecanggihan teknologi transportasi juga dapat memudahkan seseorang untuk berpindah tempat dari suatu Negara ke-negara lain, misalnya saja dengan adanya pesawat terbang yang memungkinkan seseorang terbang melewati lautan.

7.      Apakah betul manusia mengalami kemajuan dengan penemuan – penemuan teknologi baru itu ? Jelaskan !
Secara umum dengan berkembangnya teknologi kehidupan manusia mengalami banyak kemajuan, baik itu dalam bidang komunikasi, transportasi, terlebih lagi dalam bidang perekonomian. Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi membuat manusia terus mengembangkan cara baru untuk membuat hidup mereka terasa lebih mudah. Teknologi informasi membantu hubungan antar masyarakat menjadi lebih mudah dan efisien. Menurut Agustina (2010) dalam kehidupan sosial bermasyarakat peran teknologi informasi memberikan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.
Namun disamping kemajuan dan manfaat, teknologi juga memberikan dampak negative, yaitu dengan menimbulkan kemunduran moral, sosial dan budaya  seperti kenakalan dan tindak penyimpangan dikalangan remaja dengan mengakses situs porno, dan oknum-oknum yang menggunakan media facebook sebagai media porstitusi yang jelas dapat merusak moral para generasi muda serta memunculkan efek dehumanisasi, yaitu kemerosotan tata-nilai. Masyarakat yang menjadi korban dehumanisasi kehilangan kepekaan kepada nilai-nilai luhur, seperti kebenaran, kebaikan, keindahan(estetik) dan kesucian. Mereka hanya peka dan menghargai nilai-nilai dasar, seperti materi (pemilikan kekayaan), hedonisme (kenikmatan jasmani) dan gengsi (prestise). Tiga nilai inilah, yaitu materialisme-hedonisme-prestise, yang menjadi dasar dari tata-nilai bagian besar dari masyarakat kita dewasa ini. Dan karena tidak disantun oleh nilai-nilai yang lebih tinggi, khususnya nilai kebaikan (etik, moral) dan kesucian (agama), di dalam mendapatkan nilai-nilai dasar itu mereka menghalalkan segala cara.

8.      Adakah perbedaan cara merancang (disain) yang dilakukan oleh seniman atau arsitek dengan oleh seorang insinyur ? Jelaskan perbedaannya bila ada hal yang mendasar.
Menurut Iwan abdulrachman (seorang seniman bandung) tugas utama seorang seniman adalah mencipta karya seni bukan mempersoalkan hak cipta dan menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (1949-1950) seniman adalah seseorang yang mengerjakan, menciptakan karya yang hasilnya nanti disebut seni.
Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang sebuah bangunan, dalam artian yang lebih luas arsitektur mencakup, merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut. Arsitektur adalah suatu perpaduan praktek seni dengan rangka-rangka yang komplek dari faktor masyarakat, teknologi, iklim, dan ekonomi. Menurut Ben Farmer arsitektur adalah seni mendesain bangunan yang baik, bangunan yang atraktif, terencana dengan baik, dan terbangun dengan baik, dan keduanya sesuai dan berarti untuk kalangan masyarakat. Arsitektur adalah seni dalam mendirikan bangunan, termasuk didalamnya segi perencanaan, konstruksi dan penyelesaian dekorasinya, sifat / bentuk bangunan, proses membangun bangunan, bangunan, kumpulan bangunan
(sumber banhart c.l. dan jess stein).
Menurut Cynton Haris, Dictionary Of Architecture and Construction (1975) Arsitektur adalah suatu seni dan ilmu pengtahuan desain dan membangun struktur atau kelompok struktur yang besar, dalam hubungannya dengan estetika dan kriteria fungsional dan struktur yang dibangun dalam keserasian dengan beberapa prinsip.
Insinyur (engineer) adalah seorang eksekutor desain yang membuat sesuatu berdasarkan rancangan orng lain. Engineering adalah suatu ilmu keteknikan yang dipraktekkan ke dalam kehidupan untuk mempermudah kita dalam melakukan sesuatu. Engineer atau insinyur adalah seseorang yang bekerja di bidang engineering dan mampu menggunakan ilmunya untuk menghasilkan suatu benda yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang engineer atau insinyur juga membantu memecahkan permasalahan dibidang teknologi yang ada.
Insinyur yang bekerja di pabrik, memiliki peran mengawasi proses produksi, menentukan penyebab kerusakan alat, dan menguji produk untuk menjaga kualitas. Seorang insinyur juga dapat bekerja di kantor, pertambangan, laboratorium, dan hampir di semua tempat yang memerlukan teknologi. Para engineer atau insinyur melakukan berbagai percobaan dan mengujinya untuk menemukan sebuah penemuan baru yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak.

9.      Bagaimana perhatian pengaturan HKI untuk kepentingan publik, pencipta, institusi atau swasta ? Berilah contoh studi kasus !
Hak Kekayaan Intelektual atau HKI merupakan perlindungan yang diberikan terhadap kekayaan intelektual sehingga si pemilik dapat menggunakan dan memanfaatkan kekayaan intelektualnya secara maksimal. Pemerintah telah mempunyai undang undang (UU) HAKI yang diatur dalam tujuh UU yaitu UU Hak Cipta, UU Merk, UU Paten, UU Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, UU Desain Industri, UU Rahasia Dagang dan UU Perlindungan Varietas Tanaman.
Perlindungan terhadap kekayaan intelektual didasarkan pada konsep moral, yaitu adanya hak moral pada setiap pencipta dan hasil ciptaannya. Hak moral merupakan ciri khas dari hak kekayaan intelektual, termasuk Hak Cipta. Secara umum hak moral mencakup hak untuk menjamin agar nama atau nama samarannya tetap terdapat dalam ciptaannya. Kemudian pencipta juga dapat mencegah bentuk – bentuk perubahan lain terhadap karya ciptanya.
Pada negara berkembang, perlindungan terhadap hasil karya cipta khususnya perlindungan terhadap pengembangan pengetahuan tradisional merupakan dasar untuk melakukan penelitian dan pengembangan ilmu yang memiliki nilai untuk penemuan–penemuan baru yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah secara ekonomis kepada negara. Perlindungan terhadap pengetahuan tradisional akan membawa dampak positif dalam memberikan dukungan kepada komunitas masyarakat untuk menjalankan tradisi dan melestarikan budaya yang ada.
Perlindungan HKI berguna karena kekayaan intelektual merupakan hak alamiah yang wajib dilindungi oleh pemerintah suatu negara karena dengan adanya perlindungan ini akan mendorong dan menghargai setiap penemuan dan kreasi yang dihasilkan oleh masyarakat. Perlindungan dalam HKI lebih dominan pada perlindungan individual, namun untuk menyeimbangkan kepentingan individu dengan kepentingan masyarakat, maka sistem HKI mendasarkan pada prinsip sebagai berikut :
a.      Prinsip keadilan    (the principle of justice)
Pencipta suatu karya atau orang lain yang bekerjasama membuahkan hasil dari kemampuan intelektualnya, wajar memperoleh imbalan. Imbalan tersebut dapat berupa materi maupun bukan materi, seperti adanya rasa aman karena dilindungi dan diakui atas hasil karyanya.
b.      Prinsip ekonomi (   the economic argument)
HKI merupakan hak yang berasal dari hasil kegiatan kreatif suatu kemampuan daya pikir manusia yang diekspresikan kepada khayalak umum dalam berbagai bentuknya, yang memiliki manfaat serta berguna dalam menunjang kehidupan manusia, maksudnya ialah bahwa kepemilikan itu wajar karena sifat ekonomis manusia yang menjadikan hal itu satu keharusan untuk menunjang kehidupannya di dalam masyarakat. Dari kepemilikannya, seseorang akan mendapatkan keuntungan misalnya dalam bentuk pembayaran royalti.
c.       Prinsip kebudayaan    (the culture argument)
Karya manusia pada hakekatnya bertujuan untuk memungkinkan hidup, selanjutnya dari karya itu pula akan timbul suatu gerakan hidup yang harus menghasilkan lebih banyak karya lagi. Pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan, seni dan sastra sangat besar artinya bagi peningkatan taraf kehidupan, peradaban dan martabat manusia. Pengakuan atas karya cipta manusia berupaya untuk membangkitkan semangat dan minat untuk mendorong melahirkan ciptaan baru.
d.       Prinsip sosial    (the social argument)
Hukum tidak mengatur kepentingan manusia sebagai perseorangan yang berdiri sendiri, tetapi hukum mengatur kepentingan manusia sebagai warga masyarakat. Dengan adanya hak apapun yang diakui oleh hokum kepada perseorangan atau persekutuan diharapkan kepentingan seluruh mayarakat akan terpenuhi.

1 komentar: