Kamis, 14 Juni 2012

Hubungan Sekolah dengan Industri/Dunia Kerja



1. Pengertian

Hubungan sekolah dengan industri/dunia kerja diartikan sebagai jalinan kerjasama fungsional yang saling menguntungkan antara sekolah dan dunia kerja/industri dalam penyelenggaraan Diklat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai pada tahap evaluasi dan pemasaran tamatan.

2. Tujuan

Meningkatkan mutu proses dan hasil Diklat dalam menghasilkan tenaga kerja berkualitas, melalui kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dan dunia kerja/industri.

3. Pelaksanaan
  1. Pengembangan hubungan kerjasama antara SMK dan dunia usaha/industri, dilaksanakan dalam koordinasi dan tanggung jawab Majelis Sekolah.

  2. Hubungan kerjasama dikembangkan dengan prinsip saling menguntungkan, khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kinerja masing-masing pihak.

  3. Inisiatif pengembangan hubungan kerjasama harus dimulai dari pihak SMK, terutama dalam membangun saling pengertian masing-masing pihak.

  4. SMK harus memiliki data yang lengkap dan akurat tentang peta industri/perusahaan/dunia kerja di sekitarnya.

  5. SMK bersama MS mengatur sarana, personel, dan jadwal kegiatan pengembangan hubungan kerjasama.

  6. Jalinan kerjasama antara SMK dan dunia kerja/industri, sebaiknya dikembangkan dalam bentuk yang lebih formal dengan bukti adanya naskah kesepakatan kerjasama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar